Rabu, 11 Februari 2009

90 Persen Jalan Provinsi Di OKU Timur Rusak

PALEMBANG – 90 persen jalan provinsi di OKU Timur mengalami kerusakan dan telah berlangsung selama tiga tahun. Pihak pemerintah provinsi sendiri belum maksimal dalam melakukan perbaikan.

Demikian pernyataan Bupati OKU Timur Herman Deru, Saat pertemuan tertutup dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin pagi ini (19/11) di Kantor Gubernur.

Dia mengatakan jalan provinsi di daerahnya sepanjang 270 km 90 persen mengalami kerusakan. Perbaikan pemerintah provinsi selama ini hanya tambal sulam dengan anggaran 4 Milyar pertahun. Sedangkan kebutuhan total mencapai 50 Milyar.

“Kerusakan tersebut berada di wilayah gunung batu – pemetung sepanjang 105 km dan diwilayah Dabuk Rejo – Kurungan Nyawa sepanjang 100 km” Ungkap Herman Deru.

Akibat kerusakan ini sangat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian OKU Timur karena merupakan jalur vital bagi daerah lumbung padi ini.

Pihaknya mendesak gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk segera merealisasikan pembangunan jalan provinsi di daerahnya.

Sementera, Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada Trijaya menegaskan bahwa pemprov akan segera memperbaiki jalan provinsi yang rusak tidak hanya di OKU Timur.

“Akan saya perbaiki semua jalan provinsi tetapi secara bertahap” Kata Mantan Bupati Muba ini.

Kepala Dinas PU Bina Marga Edi Hermanto beberapa waktu lalu juga mengatakan akan membangun jalan provinsi Betung - Sekayu dengan anggaran biaya yang diperlukan sekitar 90 Milyar. (Fatur/Trijaya)